Pelatihan Uji Coba Modul Dasar untuk Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah – Uji Coba Sistem Ujian Berbasis Komputer





Kamis, 18 Februari 2010. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mengadakan Pelatihan Uji Coba Modul Dasar untuk Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Bina Pelatihan Kompetensi – Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP tersebut, diikuti oleh 24 orang pegawai LKPP selama enam hari, pada tanggal 8 s.d. 13 Februari 2010 di Bidakara. Hari ini Kamis 18 Februari 2010, ke-24 peserta pelatihan tersebut juga diberikan kesempatan untuk mengikuti uji coba Sistem Ujian Berbasis Komputer di Ruang Ujian Sertifikasi lt 17 Kantor LKPP, Gedung Smesco UKM Jakarta.

Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP – Eiko Whismulyadi, menjelaskan, bahwa pelatihan tersebut didasarkan pada metode CBT yaitu Competency Based Training. “Metode ini mengubah gaya pelatihan yang selama ini lebih mengandalkan kepada dominannya peran instruktur menjadi bergeser menuntut peran aktif dari peserta pelatihan. Peran aktif dilakukan melalui peran masing-masing peserta secara perorangan maupun kerjasama kelompok”, jelasnya.

Sementara itu, Direktur Bina Pelatihan Kompetensi LKPP – Dharma Nursani, menambahkan, perubahan metode berikutnya adalah peserta mempresentasikan kasus-kasus yang diberikan, serta melakukan secara kelompok untuk simulasi menjadi panitia atau menjadi penyedia barang dan jasa. “Simulasi ini diantaranya membuat jadwal pengadaan, membuat HPS, membuat pengumuman, melakukan evaluasi dokumen, mengusulkan calon pemenang dan sebagainya,” tambahnya.

Eiko Whismulyadi mengharapkan, dengan metoda pelatihan berdasar CBT maka peserta akan semakin lebih baik dalam memahami pengadaan barang dan jasa serta diharapkan telah siap menjadi panitia pengadaan barang dan jasa. @humas LKPP.

Dikutip dari :
http://www.lkpp.go.id/v2/highlight-detail.php?id=3737918572