e-Proc (Bagian 4) : Mengikuti Lelang

Selamat saya sampai kepada Anda yang telah berhasil mendapatkan identitas digital (id) dan password dari LPSE lewat email yang Anda gunakan dalam pendaftaran, jika belum mintalah konfirmasi dari verifikator LPSE.

Nah, sekarang saatnya mengikuti lelang yang ada di website LPSE yang kita daftarkan,
caranya :

1. Masuk ke website LPSE (saya contohkan di LPSE Undip) di alamat http://lpse.undip.ac.id/eproc/app?service=page/Home

2. Masukkan identitas digital (id) dan password yang letaknya di bawah tulisan :
"LOGIN KE LPSE
Masukan user id dan password Anda"

3. Setelah memasukan user id dan password jangan lupa! klik "LOGIN"

Selamat Anda telah masuk untuk mengikuti lelang atau sekedar melengkapi "Data Penyedia".
Sebelum berjalan lebih jauh, saya sarankan untuk mengganti "user id atau password" Anda, atau apabila sudah merasa nyaman dengan user id atau password itu diamkan saja. Jika ingin menggantinya, dari setelah langkah 3 di atas dijalankan carilah tombol link "Ganti Password". Dalam link tersebut Anda diminta mengisi "Password lama" (diisi dengan password lama Anda), Password Baru" (disarankan yang mudah diingat dan tidak diketahui orang lain), dan "Ulangi Password" (diisi sesuai dengan isian dalam "Password Baru"), lalu klik "GANTI" untuk melanjutkan atau "KEMBALI" untuk membatalkannya.

4. Dalam kolom di bawah atau "Status Lelang yang Anda Ikuti" masih kosong karena Anda belum mengikuti satu pengadaan terlihat dalam kolom "Statistik", untuk mengikuti lelang silahkan lihat daftar lelang dalam "Lelang Untuk Anda" pastikan bahwa lelang yang diikuti sudah sesuai dengan sub bidang perusahaan Anda dengan mengklik salah satu judul pengadaan, maka akan muncul lembar baru yaitu "Informasi Lelang". Jika ingin mengikutinya maka klik "Setuju & Ikut Lelang" (berarti dengan mengklik ini Anda telah setuju dengan pakta integritas dan ingin mengikuti lelang karena sudah sesuai dengan sub bidang perusahaan) atau "tidak setuju" (apabila tidak sesuai dengan sub bidang perusahaan atau karena pertimbangan lain perusahaan Anda)

Catatan :
Pastikan persyaratan dalam "Informasi Lelang" sudah sesuai terutama dalam syarat kualifikasi, pertimbangkan juga masa lelang dalam "Tahap lelang saat ini" karena jangan-jangan tinggal sehari lagi upload file penawarannya.

5. Setelah yakin untuk mengikuti salah satu lelang atau beberapa lelang, langkah selanjutnya melengkapi "Data Penyedia" yang tombol linknya terletak paling atas, antara lain :

5.1 Umum
Check "Semua Lelang" dalam kolom "Jenis Lelang", selanjutnya klik "SIMPAN"

5.2. Identitas Perusahaan
Karena dalam pendaftaran online Anda sudah mengisi identitas perusahaan, biasanya link ini sudah terisi, apabila ingin mengubah / menambah, dan jangan lupa setiap selesai maka klik "SIMPAN"

5.3. Ijin Usaha
Karena baru pertama kali sehingga link ini masih kosong, untuk melengkapinya klik "TAMBAH", isi kolom yang disediakan :
Jenis Ijin (seperti SIUP, SBU, SIUJK, NPWP, PKP, SKT, dll);
Berlaku Sampai (isi masa berlaku "jenis ijin" sampai kapan / kalau tidak ada kosongi aja);
Kualifikasi (pilih sesuai dengan kualifikasi "Perusahaan Kecil" atau "Perusahaan Non Kecil");
Nomor Surat (isi sesuai dengan nomor surat "jenis ijin");
Instansi Pemberi (isi instansi yang mengeluarkan "jenis ijin");
Klasifikasi (isi sesuai klasifikasi dalam "jenis ijin)--misal jenis ijin siup dengan klasifikasi 503, 462, ...) setelah memastikan benar maka klik "SIMPAN". Setelah itu upload sesuai dengan "jenis ijin" dengan cara klik "jenis ijin" tersebut misal SIUP, selanjutnya klik "upload" pada baris "dokumen", klik "Brouse" (carilah tempat Anda menyimpan file -- contoh SIUP), klik "OPEN", selanjutnya "KIRIM" atau "BATAL" (untuk membatalkannya), setelah selesai diupload jangan lupa "SIMPAN", begitu seterusnya.

5.4. Akta
Isilah Akta Pendirian dan Akta Perubahan Terakhir sesuai kolom isian yang telah disediakan, sudah dipastikan benar, klik "SIMPAN" dan upload file seperti pada 5.3 untuk cara uploadnya.

5.5. Pemilik
Isilah dengan data pemilik perusahaan sesuai dengan akta pendirian atau akta perubahan terakhir dan KTP. Apabila sudah dipastikan benar, klik "SIMPAN"

5.6. Pengurus
Diisi dengan pengurus perusahaan -- seperti direktur, general affair, marketing, project manager, dll. Apabila sudah dipastikan benar, klik "SIMPAN"

5.7. Tenaga Ahli
Diisi dengan tenaga ahli dalam perusahaan -- seperti team leader, TA database, surveyor, instalasi jaringan, dll. Apabila sudah dipastikan benar, klik "SIMPAN"

5.8. Peralatan
Diisi dengan peralatan perusahaan -- seperti komputer, laptop, printer, mobil, dll. Apabila sudah dipastikan benar, klik "SIMPAN"

5.9. Pengalaman
Diisi dengan pengalaman perusahaan -- bagi perusahaan yang sudah memiliki pengalaman kerja, kecuali perusahaan yang baru berdiri. Apabila sudah dipastikan benar, klik "SIMPAN"

5.10. Neraca
Diisi dengan neraca perusahaan dan apabila sudah dipastikan benar, klik "SIMPAN"

5.11. Pajak
Diisi dengan pajak perusahaan -- seperti SPT Tahunan Badan dan PPh Pasal 21, SPT masa di tiap bulannya. Apabila sudah dipastikan benar, klik "SIMPAN" dan upload file (Tanda Bukti Penerimaan saja_yang berwarna kuning) seperti pada 5.3 untuk cara uploadnya.

Selamat anda sudah siap mengikuti pelelangan selanjutnya, karena "Data Penyedia" nantinya akan dipakai dalam dokumen kualifikasi -- kita tinggal menyesuaikan apa yang dibutuhkan dalam persyaratan kualifikasi yang dipersyaratkan.